SMK

SMK
Searching...

SMK BIM | Pentingnya Uji Kompetensi Keahlian (UKK)


Sekilas tentang apa itu Uji Kompetensi Keahlian  (UKK) SMK
Uji Kompetensi  Keahlian pada SMK merupakan bagian dari Ujian Nasional. Hasil Uji Kompetensi  Keahlian menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan siswa SMK. Sedangkan bagi stakeholder akan dijadikan sebagai informasi atas kompetensi yang dimiliki calon tenaga kerja.
Oleh karena kurikulum SMK dikembangkan dan dilaksanakan menggunakan pendekatan berbasis kompetensi (competency based curriculum), maka Uji Kompetensi  Keahlian harus menggunakan metode penilaian berbasis kompetensi (competency based assessment). Pelaksanaan Uji Kompetensi Berbasis Kompetensi diarahkan untuk mengukur dan menilai performansi peserta uji meliputi aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Teori kejuruan mengukur pengetahuan dan pemahaman peserta didik terhadap landasarn keilmuan disamping untuk menguji analisis, daya nalar dan penyelesaian masalah, sedangkan praktik kejuruan mengukur kemampuan atau performasi peserta uji dalam mengerjakan sebuah penugasan atau membuat suatu produk sesuai tuntutan standar kompetensi.
 Tujuan dari Uji Kompetensi  Keahlian adalah :

  1. Mengukur pencapaian kompetensi siswa SMK  yang akan menyelesaiakan pendidikannya;
  2. Memfasilitasi siswa SMK yang akan menyelesaiakan pendidikannya untuk mendapatkan sertifikat kompetensi;
  3. Mengoptimalkan pelaksanaan sertifikasi kompetensi oleh SMK yang berorientasi pata permintaan industry terhadap tenaga kerja kompeten yang memiliki sertifikat kompetensi;
  4. Memfasilitasi kerjasama SMK dengan dunia usaha/industry dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga kerja kompeten bersertifikat kompetensi.

Sasaran Uji Kompetensi  Keahlian :

  1. Terlaksananya kegiatan sertifikasi kompetensi bagi siswa SMK melalui serangkaian kegiatan uji kompetensi yang dilaksanakan secara efektif, efisien, dan terukur dalam rangka percepatan pengukuran sertifikasi kompetensi;
  2. Terlaksananya sertifikasi seluruh peserta ujian Nasional SMK sesuai juknis kompetensi keahlian yang ditempuh.


0 komentar:

Posting Komentar